Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Payung Negeri Pekanbaru melepas Mahasiswa Prodi DIII Keperawatan dan mahasiswa Prodi DIII Kebidanan untuk melaksanakan Praktek  Komunitas Daerah Binaan di RW 3 Kelurahan Bandaraya Kec. Payung Sekaki Acara pelepasan digelar di aula kantor Camat Payung Sekaki, Kamis (13/12).

Turut hadir Bapak Camat Payung Sekaki Zarman Candra SST MSi. Bapak Lurah Bandaraya Pery Susanto, perwakilan Kepala Puskesmas Payung sekaki, Dewan pertimbangan STIKes Drs. H. Ahmad Fuad, Ketua Stikes  Payung Negeri Pekanbaru Ibu Ns. Hj Deswinda, SKep, MKes, Wakil Ketua 2 & 3, Ketua Prodi DIII Keperawatan Ibu Ns. Novi Yanti, S.Kep, M.Kes, Ketua Prodi DIII Kebidanan Ibu Yessi Azwar, SST, M.Kes, para Dosen Pembimbing dan mahasiswa.

Ketua STIKes Payung Negeri Pekanbaru Ns. Hj Deswinda S.Kep M.Kes mengatakan Praktek Komunitas Daerah Binaan ini diikuti oleh dua jurusan dari lima jurusan yang ada yaitu Prodi DIII Keperawatan sebanyak 40 mahasiswa dan Prodi DIII Kebidanan 31 mahasiswa di RW 3 Kelurahan Bandaraya.

"Setelah belajar empat semester di kelas, ilmunya diaplikasikan di rumah sakit, puskesmas, klinik dan di komunitas binaan dalam hal ini adalah di masyarakat " Deswinda. Menambahkan
Mahasiswa akan terjun langsung ke masyarakat mulai 13 sampai 27 Desember 2018. Mereka akan melakukan pendataan, intervensi, implementasi, dan evaluasi sebelumnya harus dikonsultasikan dulu ke Puskesmas Payung Sekaki,"Kalau kami menyebutnya lokakarya mini yaitu data  yang di temukan  mahasiswa sebelum diinformasikan ke masyarakat dikonsultasikan ke Puskesmas, apakah data yang ditemukan mahasiswa sama dengan data yang dihimpun Puskesmas tentang masalah kesehatan di masyarakat tersebut.

Ditambahkannya, sesuai Visi STIKES Payung Negeri menghasilkan lulusan yg berkualitas dan profesional berwawasan IPTEK. Hal ini dibuktikan dengan jumlah kelulusan uji kompetensi mahasiswa prodi DIII keperawatan dan Ners STIKes Payung Negeri yg meningkat di bulan oktober 2018 yaitu 93?n 84%

Camat Payung Sekaki Zarman Candra SSTP. MSi mengapresiasi program dari Stikes Payung Negeri yang setiap tahunnya selalu bekerja sama untuk peningkatan kesehatan masyarakat salah satunya edukasi perilaku hidup bersih dan sehat serta program -program lainnya pada masyarakat payung sekaki.

"Silahkan digali,dicermati daerah binaan, temukan dan bikin kesimpulan. Jadikan Lurah, RW, RT, sebagai informan dan sebagai pendamping dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga masyarakat bisa meningkatkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat," kata Zarman.(rul)

Share:

Tags: Law, Juggement, lawyer, Cases