Sungai Sibam, 4 Januari 2019 Progam Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat (Prodi IKM) STIKes Payung Negeri Pekanbaru mengadakan kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa dan Penutupan Kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan I (PBL I) di Kantor Kelurah Sungai Sibam. Kegiatan ini di taja oleh mahasiswa Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru dan dihadiri oleh dosen pamong dan Ketua Prodi IKM Dwi Sapta A, SKM, M. Kes, Camat Payung Sekaki Zarman Candra SSTP, M.Si, perwakilan Puskesmas Payung Sekaki dr. Yesi, Lurah Sungai Sibam Lukman Hakim, Sp dan jajarannya, Babinkamtibmas Kamra Junaedy, Babinsa Parjo Arya, Ketua LPM, Ketua RW, RT, Kader serta masyarakat di Kelurahan Sungai Sibam.

Ketua Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu metode belajar bagi mahasiswa Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru. Proses belajar yang langsung terjun ke masyarakat, sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar sesuai kondisi sebenarnya. Adapun tujuannya yaitu memberdayakan masyarakat untuk melaksanakan preventif terhadap penyakit menular dan tidak menular sehingga kedepannya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat itu sendiri. Salah satu bentuk kegiatan yang telah dilaksanakan adalah melakukan identifikasi permasalahan kesehatan pada masyarakat, selanjutnya melakukan musyawarah dengan masyarakat kelurahan serta tokoh masyarakat tentang penyelesaian masalah tersebut.

“Adapun masalah yang ditemukan dan menjadi prioritas penyelesaiannya yaitu perilaku merokok, kurangnya aktivitas fisik dan tidak rutinnya pengecekan kesehatan oleh masyarakat. Hasil kesepakatan bersama untuk penyelesaian masalah tersebut adalah dilaksanakannya pemberdayaan masyarakat dengan pembentukan duta anti rokok dilingkungan Sungai Sibam, penandatanganan kesepakatan dengan pedagang dan pelaksanaan senam sehat setiap minggu dan pemberian informasi kesehatan serta pemeriksaan kesehatan. Akhir acara ini yaitu penandatanganan hasil diskusi oleh mahasiswa Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Payung Negeri, Lurah Sungai Sibam, Pihak Puskesmas Payung Sekaki, Camat Payung Sekaki. Kegiatan ini dapat terlaksana dengan sangat lancar berkat kerjasama yang terjalin baik dengan Stakeholder dan masyarakat yang hadir”, kata Dwi.

Camat Payung Sekaki Zarman Candra SSTP, M. Si mengatakan berterimakasih atas rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh pihak Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru dan berharap dengan kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya dapat mendukung tercapainya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada masyarakat di Kelurahan Sungai Sibam.

“Kegiatan PBL Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru ini sangat membantu program Puskesmas Payung Sekaki dan dengan ditemukan permasalahan kesehatan pada masyarakat oleh mahasiswa Prodi IKM, ini menunjukkan bahwa masih rendahnya pencegahan terhadap penyakit tidak menular pada masyarakat. Oleh karena itu, Pihak Puskesmas Payung Sekaki mendukung sekali upaya yang akan dilakukan oleh pihak Prodi IKM untuk memberdayakan masyarakat dengan melaksanakan salah satu program kesehatan yang dikenal dengan istilah CERDIK (Cek kesehatan, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet sehat seimbang, Istirahat cukup, KELOLA stress)” kata Yesi.

Share: