Praktikum Kesehatan Masyarakat (PKM) Pada mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Payung Negeri Pekanbaru pada mahasiswa tingkat IV semester VIII dilaksanakan di 10 Instansi di Provinsi RIAU, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Senin(11/03)
Ketua Prodi IKM, Dwi Sapta Aryantiningsih, M.Kes menyampaikan kegiatan ini sangat penting dalam pembentukan lulusan tenaga kesehatan masyarakat yang kompeten. Adapun kompetensi yang akan dicapai mahasiswa yaitu menganalisis situasi, mengidentifikasi masalah, menentukan prioritas masalah, melakukan perencanaan kegiatan dan melaksanakan intervensi dan evaluasi terhadap masalah yang ditemukan. Selain itu, kemampuan berkomunikasi, kepemimpinan dan mampu memberdayakan pekerja juga diharapkan tercapai karena hal tersebut sesuai dengan visi Prodi IKM STIKes Payung Negeri Pekanbaru.
“PKM yang dimulai dari tanggal 11 Maret hingga 25 Mei 2019, diharapkan seluruh mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam setiap program kesehatan yang dilaksanakan oleh instansi terkait. Tentu kegiatan ini akan membawa dampak positif bagi semua pihak, baik masyarakat di instansi maupun mahasiswanya,” ungkapnya.
Semoga dengan mengikuti PKM ini lanjutnya, para mahasiswa mendapatkan pengalaman dan ilmu yang bisa dimanfaatkan didunia kerja nantinya.
Adapun 10 instansi yang digunakan untuk PKM yaitu Pusat Hiperkes Jakarta, UPT penanggulangan Krisis Kesehatan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kesehatan Olahraga Masyarakat, Puskesmas Siak Hulu 1, Puskesmas Siak Hulu 2, Puskesmas Siak Hulu 3, PT. Serasi Autoraya, PT. Asrindo Citraseni Satria, PT. Petronesia Benimel, Dinas Tenaga Kerja Sumatera Barat dan UPT Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sumatera Barat.

Share: