Mahasiswa program studi (prodi) S1 Kesehatan Masyarakat mata kuliah Praktikum K3, Praktik Ergonomi dan Faal kerja STIKes Payung Negeri Pekanbaru, melakukan Kegiatan perkuliahan dengan metode Field Trip yang didampingi oleh dosen Kursiah Warti Ningsih MKes dan Desi Nindya Kirana MKes. Yang dilaksanakan dua hari dari tanggal 18 hingga 19 April 2018 di Pusat Hiperkes dan Keselamatan Kerja (PHKK) DKI Jakarta.

Kepala pusat Hiperkes dan keselamatan kerja Sahat Silalahi, menyampaikan, kegiatan Field Trip ini sangat tepat bagi mahasiswa STIKes Payung Negeri Pekanbaru di pusat hiperkes dan keselamatan kerja DKI Jakarta ini. Di Indonesia hanya ada 6 Balai Hiperkes yang mempunyai peralatan pemeriksaan dan salah satu yang mempunyai alat terlengkap adalah Pusat Hiperkes dan Keselamatan Kerja DKI Jakarta.

"PHKK DKI Jakarta mempunyai 3 tugas utama yaitu melakukan pelatihan, pemeriksaan kesehatan kerja dan pemeriksaan lingkungan kerja. Dan PHHK DKI Jakarta ini juga satu-satunya provinsi di Indonesia yang melaksanakan pemeriksaan kesehatan berkala untuk petugas PPSU," jelasnya.

Dosen pengampu peminatan keselamatan dan kesehatan kerja Kursiah Warti Ningsih MKes, juga menyampaikan, sebanyak 23 mahasiswa kami yang mengikuti kegiatan field trip ini dan dilakukan untuk pelaksanaan  mata kuliah Praktikum Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan mata kuliah  Ergonomi dan Faal Kerja semester genap 2017- 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepada para mahasiswa untuk pemeriksaan lingkungan kerja baik secara fisik, kimia, biologi dan ergonomi.

"Dengan melakukan praktik ini diharapkan para mahasiswa nantinya dapat mengetahui cara melakukan pemeriksaan kesehatan lingkungan kerja dan kesehatan kerja dan mampu mengendalikan faktor-faktor resiko lingkungan terhadap kesehatan, baik secara teknis maupun manajerial. Praktikum ini membekali peserta didik dengan pemahaman teoritis dan keterampilan teknis kesehatan dan keselamatan kerja," ungkapnya.

Share:

Tags: Law, Juggement, lawyer, Cases